DSMIV

Minggu, 30 Agustus 2009

Perilaku Abnormal (Abnormal Behavior)

Perilaku Abnormal (Abnormal Behavior)

Abnormal behavior berarti penampilan inner personality (kepriadiann seseorang) dan penampilan perilaku luar atau kedua-duanya. Jadi, kalau kita menggunakan inner personality disebut psikologi abnormal atau abnormal psychology. Demikian pula jika kita menggunakan perilaku luar disebut juga perilaku abnormal atau abnormal behavior. Jika kita menggunakan perilaku luar disebut juga perilaku abnormal atau abnormal behavior. Jika kita menggunakan kedua-keduanya (inner personality dan over dan over personality) disebut disorder behavior.

Antara psikologi abnormal dan psikopatologi pada dasarnya sama saja, sehingga pengucapan Psikolgi Abnormal Behavior dan psikopatologi tidak cukup tepat; seyogianya psikologi atau perilaku Abnormal, atau psikopatologi saja. Pengertian yang lainnya yang sering ditemukan dalam wacana ini adalah perilaku-perilaku spesifik fobia atau pola-pola perilaku yang lebih mendalam seperti skizofreni. Kemungkinan lain adalah sebutan untuk masalah-masalah yang berkepanjangan atau bersifat kronik dan gangguan-gangguan dimana gejala-gejala yang ditampilkan bersifat akut dan temporer, seperti intoksinasi (peracunan obat-obatan) terutama narkoba secara kasar. Istilah perilaku abnormal bersesuaian dengan gangguan mental atau mental disorder atau semacamnya, tetapi dalam konteks yang lebih luas perilaku abnormal ini bersamaan perilaku maladatif.


Psikopatologi (psychopatology)

Istilah mengacu pada studi mengenai perialku abnormal atau gangguan mental, menyangkut wilayah ilmu pengetahuan. Dalam praktisnya psikopatologi juga identik dengan psikologi abnormal dan gangguan mental.


Tidak ada komentar: